Binatang Kadal yang tidak berbisa

Tiba tiba ada 4 ekor binatang kadal didepanku, warnanya agak kecoklatan dibagian atas dan kuning mengkilap di samping. Ini tentu bukan kadal yang berbisa karena Cuma kadal kecil yang biasa di pekarangan. Kebetulan aku memang sedang membersihkan pekarangan dari semak-semak untuk disiapkan menanam pohon mirah atau albasia.
Di daerahku binatang kadal masih banyak dijumpai di sekitar rumah atau dipekarangan. Mengutip dari Wikipedia Kadal adalah hewan bersisik berkaki empat yang termasuk kelompok reptil. Secara luas, pengertian kadal atau kerabat kadal (bahasa Inggris: lizards) juga mencakup kelompok cecak, tokek, bunglon, cecak terbang, biawak, iguana dan lain-lain. Sedangkan secara sempit, istilah kadal dalam bahasa Indonesia biasanya merujuk terbatas pada kelompok kadal yang umumnya bertubuh kecil, bersisik licin berkilau, dan hidup di atas tanah (Ingg.: skink, suku Scincidae, atau umumnya anggota infraordo Scincomorpha).
Jadi, secara umum kadal ini mencakup jenis-jenis yang bertubuh kecil seperti kadal pasir Lygosoma, sampai ke biawak Komodo (Varanus komodoensis) yang bisa mencapai panjang lebih dari 3 m. Secara ilmiah, kelompok besar ini dikenal sebagai subordo atau anak bangsa Lacertilia (=Sauria), bagian dari bangsa hewan bersisik (Squamata).
Anak bangsa Lacertilia pada umumnya memiliki empat kaki, lubang telinga luar, dan pelupuk mata yang dapat dibuka tutup. Meskipun demikian, sebagai kekecualian, ada pula anggota-anggotanya yang tidak memiliki sebagian ciri itu. Contohnya adalah ‘ular’ kaca (glass snake atau glass lizard, suku Anguidae) yang tak berkaki.
Kadal tidak berbisa tentu tidak berbahaya, tidak seperti seperti ular Yang sangat berbisa sangat berbisa Suka memangsa suka memangsa, kayak liriknya hello donk……

Comments

0 Responses to "Binatang Kadal yang tidak berbisa"

Poskan Komentar

Search

Memuat...

Entri Populer

Couple Ring

Couple Tshirt

Kalung Pasangan